Cara Mengatasi Saat-Saat Putusnya Hubungan


Cara mengatasi masa masa break up seperti tidak mungkin, tergantung dari siapa yang memutuskannya desaran emosi. Perasaan kehilangan dan juga menyesal bagaimana mempunyai perasaan yang di picu oleh kegelisahan dan juga stress. di kepala kita tahu bahwa masa ketakutan tersebut gak akan menolong untuk move on, tapi hati kita berkata lain. Disamping dari berselubungnya perasaan emosi dan depresi , berusahalah untuk menjadi sedikit damai.  Mungkin ini tidak terlihat mudah, tapi dengan waktu dan latihan kita dapat meraih level yang lebih tinggi damai jauh lebih baik :)

Simak cara cara bijak ini ^^

1. Periksa alasan mengapa kita putus dengan jujur dan juga dengan perasaan lebih tenang :) 

Ini adalah standar yang sangat adil sesudah putus untuk bisa melihat segala keseluruhan dalam bingkai kacamata dan melihat semua aspek2 yang sempurna dari sebuah hubungan. sementara tidak memperhatikan apa yang sudah terjadi jauh dari ideal. Kebingungan akan kehilangan menyebabkan kita mencari perlindungan dalam kehampaan dan keyakinan yang menunjukan terbaik dari mantan dan juga hubungan yang pernah dijalani. Bagaimanapun seiring dengan waktu berjalan titik titik terang muncul dan membiarkan semuanya melalui kenangan yang tidak memuaskan. Ini waktunya untuk memulai fokus ke tahap yang sebenarnya, alasan dimana mengapa putusnya hubungan, jadi kita lebih bisa mencari ketenangan di tengah kekacauan. Beberapa adalah alasan kenapa hubungan berakhir :

·                      Terlalu banyak argumen
         Berdebat dan ketidaksetujuan dengan seseorang merupakan dasar yang menjadi korban tidak  hanya dalam hubungan tapi juga berdampak ke psikis dan harga duiri. Dimana beberapa pasangan senang berdebat  dan sebagian merasa itu sangat mengganggu hidup.


·                     Tidak adanya ketertarikan mental dan fisik
          Agar dapat terciptanya hubungan yang seimbang kita perlu mempunyai ketertarikan secara fisik dan mental. meyakinkan diri kita untuk berhubungan dengan seseorangyang hanya dari penampilan dapat membuat bomerang tersendiri. Pada akhirnya kita ga akan mengingat bahwa kita patut untuk seseorang yang tertarik secara mental dan fisik.

·                      Waktu dalam berhubungan sudah habis
           Mungkin jadwal kalian saling bertabrakan dan ada yang pindah kota dapat menyebakan semuanya berakhir. Di samping hanya berkubang dalam masa putusan, jalani yang sudah ada. Berilah kesedihanmu itu KEKUATAN YANG LEBIH! dan memikirkan akan kemungkinan hubungan di masa depan. Jika memang kalian ditakdirkan berjodoh..kalian pasti akan menemukan cara untuk bersatu kembali nantinya ^^

·                      Seseorang berselingkuh
           Selingkuh adalah kartu merah dalam hubungan. Jika kita di pihak yang berselingkuh, pahami bahwa alasan mengapa kita dengan orang lain sebelum mengkhianati hubungan. Bagaimanapun apa yang sudah terjadi biarlah dan kita harus berjalan apapun itu. dan jika kita yangdirugikan, ingatlah bahwa kita tidak boleh mempercayakan cinta dengan seseorangyang masih mencari keromantaisan di orang lain sementara masih mempunyai hubungandengan kita, kita layak dapatkan yang lebih baik.

·                      Semuanya hanyalah permainan
         Mungkin bukan  bagi kita mungkin buat pasangan kita atau keduanya tidak pernah sebenarnya tahu dimana meletakkan hubungan yang serius. Dimana saat kita ingin serius, jika salah satu dari nya hanya berpikir bahwa hubungan ini hanya untuk bersenang senang, maka tidak akan ada intimasi yang lebih dalam lagi berlanjut.  ( Kayakna ini berlaku buat gw deh..huf huf sabarr ~ :( )

2 .  Berikan Waktu tersendiri untuk bersedih 
Untuk mencapai tingkat Zen adalah memberikan waktu tersendiri untuk sesuatu yang lebih berharga buatmu dibanding terburu buru untuk mencari temoat untuk merasa enak kembali. Orang yang menolak untuk menghadapi masa masa sendu cenderung akan mengulang di fase yang sama. dimana mereka tidak melihat hal hal yang membuat sakit di masa lalu dan hanya menginginkan pacar baru. walaupun sejauh apa penggantinya dan tidak melihat siapa sebenarnya. Biarkan diri kita dalam masa kesedihan, dimana tekadang jalan satu satunya untuk kembali sehat dan dami adalah bersedih dengan proporsinya.  Beberapa psikologis percaya bahwa bersedih daoat dibagi menjadi 5 tahapan termasuk :


·                     Isolasi
          Waktu dimana kita perlu untuk sendiri dan releksi diri. secara tipikal tahapan ini adalah keadaan masih shock. Jika ingin bermeditasi, lakukan yang dapat membantu kita dalam menjalani masa kesendirian.

·                     Kemarahan
           Seringkali kita merasa marah tidak hanya kepada pasangan tapi juga ke diri sendiri atau keadaan sekitar. Kemarahan dapat melepaskan refleksi , tapi kiat harus mengakui kemarahan itu terlebih dahulu.

·                     Penawaran
          Di point ini kita mencoba untuk mengambil alih situasi dengan memikirkan cara seandainya kita dapat lebih bisa menghandlenya. Seperti : " coba aja aku lebih operhatian ke apa yang dia butuhkan " atau " coba aja dia bisa lebih lucu " atau " Coba aja dia bisa lebih halus & respek lagi memperlakukan orang dia sayang, ga suka kasar dan menyiksa secara psikis " <---

·                     Depresi atau perasaan yang sedang menurun
          Hampir semua orang yang mengalami patah hati ada di level depresi.Hati hati dengan bagaimana dalam perasaan kita -- jika kita dalam sebulan atau dual bulan dan mempunyai pikiran untuk menyakiti diri sendiri atauorang lain, mungkin saatnya ke psikiater. Perhatikan terutrama saat cenderung depresi dalam berbagai situasi, pergilah ke dokter dalam 2 minggu jika mood tidak membaik ( baiknya sih curhat ke Tuhan, teman terdekat, guru spiritual baru deh dokter ) ^^

·                     Menerima

         Tahap dimana kita sudah merasakan damai dan menerima situasi dan pada akhirnya move on.

 3. Memulai hidup sehat
 
Godaan untuk terjerumus ke hal hal yang menyesatkan memang menggoda tapi itu bukan cara terbaik. Malah semakin menyesatkan, Cara terbaik untuk menghidupkan kembali adalah :
- Singkirkan semua alkohol dan makanan berminyak di dapur
        Ini terdengar gila namun kita perlu memulai memakan makanan yang bersih agar dapat mengembalikan kesehatan fisik dan mental. belilah makan yang menyehatkan.

·                     Rajin olah raga
     Latihan dapat membantu untuk mengalahkan rasa galau, karna melepaskan endorphim , dan membantu untuk berfike lebih jernih.

·                     Jalin hubungan baik dengan teman teman 
       Banyak interaksi dengan teman teman dapat mengatasai rasa sedih kita,m dan mengingat bahwa kita di suport dan masih diperhatikan. 

4. Memulai Teknik Relaksasi

Tarik nafas panjang dan visualisasikan dimana Zen bisa ditempatkan dan membantu dalam proses putusan. beberapa tipe dari teknik relaksasi untuk mengeksplorasi termasuk meditasid an juga napa panjang, visualisasi dan audio braniwave. Latihan dengan teknik ini saat kita merasa kekhawatiran mulai menghantui atau setiap pagi sebelum menjalani hari.

5. Latihan melepaskan beban dari hubungan ini. 

Dari dasar pemikiran budha, ide dari melepaskan atau tidak adalah sama dan apat diterapkan di hidup dimana kita terlalu menyematkan harapan kita terlalu dalam pada seseorang dan harus menemukan diri kita sendiri. Habiskan waktu untuk membaca ide dari cara melepaskan dan bagaimana mengaplikasikan di diri kita . 

·                     Lihat bagaimana perasaan kita untuk apa mereka
        Terkadang cara untuk memblok diri kita dari moving on adalah lebih nyaman berada dalam nestapa dibanding mengatasinya lalu membiarkan perasaan itu berlalu. sebenarnya menyebabkan diri kita sendiri lebih menderita dan mengurangi masa untuk pemulihan.

·                     Jangan berpegangan di hubungan yang lama
         Jika kita melakukannya maka kita akan berkuta ke sesuatu yang hanya ilusi.

·                      Mencari apa yang menyenangkan sekarang

·                     Biarkan agar kebahagiaan kembali datang

·                     Menyadari bahwa membirkan itu membutuhkan komitmen dan bukan berarti mudah tapi jika konsistent, itu akan terwujud.

·                      Belajar untuk menunjuk ke moment negatif dan menghentiikannya.
      Saat situasi mencoba untuk menguasai , cobalah untuk berfikir dan kembalikan kembali ke pikiran dimana harusnya melepaskan. Intinya kuasai pikiran kita sendiri.

·                     Berhenti menjustifikasi biarkan " Jika saja" dan " aku tidak dapat hidup tanpa "
       Sadari bahwa pikiran tersebut bisa merusak, mereka hanya fantasi yang membatasi  dan mengurung. Mulailah percaya bahwa kamu cukup kuat untuk menghadapi masa depan dan melakukan sesuatu untuk ditunjukan ke diri sendiri, seperti mencoba hal baru, berkunjung dengan teman dan melakukan hobi.

·                     Biarkan diri kita tumbuh dan berkembang
        Bayangkan diri kita seperti cairan - orang yang pernah kencan dengan man tanmu telah pergi. Kamu sekarang berpindah ke tahap lain diimana lebih banyak menemukan dan cara cara lebih untuk mencari jati diri.


 
6. Menjadi Penuh kembali
Terkadang dalam sebuah hubungan ada istilah " we two are one ". ini bisa menjadi bumerang, dan tidak realistis. Kita tidak melengkapi seseorang, seperti juga mereka. Kita adalah PENUH! terpisah dan nyata siapapun yang keluar dari hidup kita. jika masih membiarkan pikiran ini ada, kembalikan dengan menerima bahwa kita tidak perlu dengan seseorang secara penuh.  Cinta bukan tentang menyelamatkan satu sama lain, tapi merayakan setiap individu yang berhasil jadi dirinya semdiri dan menyimpan jati diri dalam eksplorasi dan kasih sayang.  Jadikan sebagai pengalaman untuk jadi dewasa. Ada rintangan jika menggenggamnya terlalu kuat. Dan juga membiarkan seseorang pergi bisa jadi tidak kembali, ini lebih baik dibanding mereka membuat pilihan untuk tinggal hanya berdasarkan siapa yang mencintaimu dibanding terikat padamu. 

7. Interaksi dengan banyak orang

Pergilah keluar dan interaksi dengan orang baru. bukan untuk menjalin hubungan, tapi karna kita munri ingin mencari koneksi. Ini bukan waktu untuk mencari pengganti , tapi merayakan kita yang berhubungan dengan orang lain dan menyadari bahwa iya atau tidaknya kita sedang terikat dalam hubungan , di luar sana banyak orang yang membutuhkan cinta, motivasi dan dukungan kita. Denfan lebih banyak koneksi baru, kita akan belajar bagaimana mungkinnya untuk cinta tanpa mengontrol dan menempel atau rasa ketergantungan jadi saat orang yang tepat datang ke hidupmu kamu telah menjadi orang yang penuh, dan bersiap untuk menjalin hubungan lagi ^^

8.  Buatlah keputusan dengan sadar bahwa harus berdamai dan Zen mengatasi rasa takut dan rasa bersalah

Kita dapat membuat perbedaan dengan simpel dengan memilih masa depan dengan lebih positif dan jadikan hubungan ini pelajaran dibanding merasa tidak bsia melaluinya. Lihatlah dengan kacamata seperti apa itu, tetap latihan untuk melepaskan dan biarkan JEDA ini tumbuh dlam hidupmu . Biarkan mantan di tempat yang terbaik di dalam pikiran kita dan sangat berarti!! xD

sumber : http://www.wikihow.com/Take-a-Zen-Attitude-to-a-Break-Up

3 komentar:

Khairul Umam Al-Banjari mengatakan...

Mudah-mudahan tipsnya ampuh untuk Anda. :)

Nida Aulia mengatakan...

amin ka aminnnnn :D

Khairul Umam Al-Banjari mengatakan...

Amiin.. :)

Posting Komentar


up