Agar Kulit Tidak Kusam Saat Kemarau


1. TIDAK BERENDAM

Sebisa mungkin anda tidak merendam tubuh saat cuaca sangat panas. Kalaupun anda sangat tidak tahan, jangan merendam tubuh terlalu lama, itupun sebaiknya anda lakukan dengan air hangat. Wajah adalah bagian tubuh yang paling lama terpapar sinar matahari, usahakan jangan terlalu sering membasuhnya.


2. BERSIHKAN SISA SABUN

Biasakan mencuci muka di wastafel yang dilengkapi dengan kaca, sehingga anda tahu benar apakah wajah sudah bersih atau belum. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel di wajah anda, sisa sabun bisa menyebabkan kulit menjadi kering.


3. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan pada tubuh anda, perbanyaklah minum air putih. Dehidrasi adalah faktor penyebab terbesar pada kasus kulit kering dan kusam. Jangan lupa untuk menambah asupan buah dan sayur-sayuran.

4. HINDARI PAPARAN AC

Dengan kinerjanya yang hanya memutar balik udara di ruangan, membuat kondisi udara tidak bisa dijamin bersih. Pernahkah anda merasa ruangan terasa dingin tapi terasa kering di kulit? Kondisi seperti inilah yang bisa menyebabkan kulit semakin kering. Memang tidak ada larangan untuk memasuki ruangan ber-AC, tapi usahakan jangan terlalu lama.

5. GUNAKAN PELINDUNG

Kalau anda harus bersentuhan atau bersinggungan langsung dengan bahan yang bersifat iritan, jangan lupa gunakan sarung tangan atau pelindung lainnya. Misalnya, gunakan sarung tangan saat menyentuh detergen karena kulit sangat sensitif terhadap detergen.

6. OLAHRAGA RUTIN

Olahraga akan sangat membantu untuk mengatasi kekeringan dan kekusaman pada kulit. Dengan olahraga aliran darah akan menjadi lancar, sehingga suplai nutrisi ke kulit akan terpenuhi.

7. GUNAKAN PELEMBAB

Kalau tak mau kulit terlihat kering dan retak-retak, oleskan pelembab setelah anda mandi. Pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulit anda, cirinya, tidak meninggalkan rasa berminyak saat digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar


up