Pencernaan Lancar dengan Yoga


Yoga yang merilekskan pikiran ternyata dapat membantu sistem pencernaan ­bekerja optimal.

Sistem pencernaan bisa diibaratkan sebagai mesin yang memberi bahan bakar agar tubuh dapat digerakkan. Karenanya, jika sistem pencernaan Anda sehat, kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dan menyalurkan energi yang dihasilkan secara optimal makin terbuka lebar. Beberapa faktor penting yang memengaruhi sistem kerjanya adalah pilihan asupan, durasi dan kualitas istirahat, waktu makan, dan tingkat stres di kehidupan sehari-hari.


Yoga yang bertumpu pada kedamaian pikiran, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk memperlancar sistem pencernaan. Devi Asmarani , instruktur yoga, mengibaratkan gerakan yoga sebagai pijatan pada organ tubuh. Pijatan ini membuahkan hasil berupa menurunkan tingkat stres. Ya, jangan sangka organ sistem pencernaan tak mengalami stres apalagi jika gaya hidup dan asupan tak dipilah-pilih.


“Beberapa gerakan yoga juga bisa membersihkan organ sistem pencernaan asalkan dilakukan rutin,“ ujar penulis buku Yoga untuk Semua  ini. Gerakannya pun mudah dipraktikkan, sehingga mereka yang baru memulai yoga bisa melakukannya kapan saja di rumah. Simak saja “bekal” dari Devi berikut ini.

1. Uddiyana Bandha
Lakukan sebanyak sepuluh kali.
- Berdiri tegak, kaki agak terbuka. Lutut agak ditekuk, kedua tangan diletakkan di atas lutut.
- Tarik napas dalam-dalam lewat hidung sampai dada mengembang. Keluarkan lewat mulut sambil mengencangkan otot perut.
Tip: Gerakan uddiyana bandha memijat dan membersihkan organ pencernaan

2. Urdhua Prasarita
Lakukan sebanyak sepuluh kali.
- Berbaring telentang di lantai dengan kedua kaki berdekatan. Selipkan kedua lengan lurus di bawah tubuh sehingga telapak tangan berada di bawah bokong.
- Tarik napas, kencangkan perut, dan naikkan kedua kaki ke atas hingga 90 derajat. Jika belum bisa, angkat semampu Anda.
- Embuskan napas, turunkan kaki kanan perlahan-lahan dan samakan dengan panjangnya napas. Tarik napas, naikkan kembali kaki kanan ke atas. Ulangi gerakan yang sama pada kaki kiri.
- Setelah selesai, turunkan kedua kaki ke lantai, tekuk lutut dan peluk lutut.
Tip:  Postur mengangkat kaki ini berguna juga untuk mengencangkan otot-otot perut.

3. Jathara Parivartanasana
Lakukan sebanyak lima kali.
- Posisi tetap berbaring dengan kedua lengan di samping tubuh, sejajarkan dengan bahu dan telapak tangan ditekan ke lantai.
- Panjangkan punggung, arahkan dagu ke arah dada. Buang napas dan tarik kedua lutut ke arah dada. Tarik napas dan rasakan dada mengembang.
- Embuskan napas dan jatuhkan kedua lutut ke arah kanan dengan bahu tetap berada di lantai dan kepala menoleh ke kiri.
- Tarik napas, bawa lutut ke dada dan buang napas sembari menjatuhkan lutut ke kiri.
- Setelah beberapa kali hitungan, tahan kedua kaki di satu sisi selama beberapa tarikan napas dan lakukan di sisi lainnya.
Tip: Gerakan ini berguna untuk memijat dan menguatkan otot-otot perut, serta meredakan punggung bawah yang tegang

0 komentar:

Posting Komentar


up