Pendidikan sains
dan teknologi kerap menjadi momok yang menakutkan di sekolah. Akibatnya, minat
anak-anak terhadap pelajaran-pelajaran ini menurun.
Kecenderungan ini, harus dibenahi dan minat terhadapnya harus ditumbuhkan kembali. Kesan bahwa mata pelajaran sains, khususnya matematika dan fisika, merupakan mata pelajaran yang sulit di mata anak-anak kita harus dihilangkan secara berangsur-angsur.
Tujuan ini dapat
dicapai melalui upaya perbaikan kandungan dan isi mata pelajaran, teknik
pengajaran, pengadaan dan peningkatan mutu tenaga pengajar, serta sarana dan
prasarana pendidikan sains dan teknologi.
Selain itu, minat terhadap pelajaran sains dan teknologi harus
dikembangkan sejak anak duduk di TK sehingga anak-anak dapat tumbuh sebagai
peneliti-peneliti yang tekun.
Pemerintah dan
sekolah perlu pula mengembangkan perpaduan antara kurikulum sekolah, teknik dan
cara mengembangkan minat, teknik dan cara memperkenalkan prosedur riset, serta
pencangkokan proyek riset dalam kurikulum sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar